Saturday, March 22, 2014

Scrub Alami Tubuh


Jangan biarkan sel kulit mati menumpuk karena akan membuat kulit terlihat kusam. Cara paling mudah membersihkannya adalah melakukan eksfoliasi menggunakan scrub. Tak perlu membeli produk scrub yang harganya mahal.

Beberapa bahan di dapur bisa Anda manfaatkan. Tapi pastikan Anda menyesuaikannya  dengan kondisi kulit. Sifat mengikis dari scrub sangat memengaruhi kondisi kulit, bukan hanya positif tapi juga negatif.

"Penting untuk mempertimbangkan jenis kulit saat memilih scrub, agar hasilnya maksimal dan terhindar dari iritasi kulit," kata Kimberly Sampson, seorang terapis facial, dikutip dariirchbox.  

Bubuk dedak padi
Siapa sangka kalau dedak padi bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit sensitif. Itu karena teksturnya yang lembut. Anda bisa memanfaatkannya jadi scrub untuk membersihkan wajah, mengangkat lapisan sel kulit mati. Cukup campur dengan sedikit air dan pijat wajah secara perlahan lalu bilas. Bubuk satu ini kaya akan phytic acid yang bisa merangsang pertumbuhan kolagen, penjaga elastisiatas kulit.

Gula
Tekstur dan formulanya lebih lembut dari garam, sangat pas untuk jenis kulit kering. Gula juga merupakan humektan yang bisa membantu kulit selalu dalam keadaan lembab. Terlebih lagi, gula juga berfungsi sebagai sumber asam glikolat, yang bisa membuat kulit kuat, tak mudah mengelupas.

Bubuk kopi
Mencemaskan kulit yang kendur? Cobalah scrubbing dengan bubuk kopi yang kasar. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit normal, menggunakan bubuk kopi juga bisa jadi pilihan untuk menjaga kesehatan kulit.

"Kopi adalah stimulan dengan sifat antioksidan dan sangat baik dimanfaatkan sebagai scrub, karena mampu mengencangkan dan menutrisi kulit," kata Sampson.

Oatmeal
Saat kulit mengalami kemerahan atau terbakar matahari irritated, redakan dengan scrub oatmeal. Rasa gatal dan perih bisa dikurangi dengan memijat wajah menggunakan campuran sedikit air serta oatmeal. Diamkan hingga agak kering lalu bilas dan aplikasikan pelembab. Scrub ini juga sangat untuk mengontrol kulit berminyak.

Garam laut
Garam adalah bahan eksfoliator yang cukup keras, jangan aplikasikan di wajah. Tapi Anda bisa menggunakannya di area sikut dan tumit. Namun karena garam sifatnya membuat kulit jadi kering, saat menggunakannya campur dengan minyak. Bisa minyak zaitun atau minyak argan.

0 komentar:

Post a Comment